Komodo di Peringkat 8 Finalis Tujuh Keajaiban Dunia

Sabtu, 10 April 2010

KUPANG, DETIKPOS.net - Satwa langka komodo (Varanus komodoensis), yang terdapat di pulau-pulau di Selat Sape di Nusa Tenggara Timur (NTT), hingga pekan pertama April 2010 menempati peringkat delapan dari twenty-eight finalis tujuh keajaiban dunia yang akan diumumkan pada tahun 2011 mendatang.

Posisi Komodo ini setelah finalis lainnya, yakni Hutan Amazon di Brazil, Pulau Bu Tinah di Uni Emirat Arab, Pulau Galapagos di Ecuador, Sungai Iguanzu Falls di Brazil, dan Black Forest di Jerman.

Posisi Komodo ini sempat bertengger di posisi seventeen pada bulan Maret, tetapi melaju ke posisi delapan setelah sukses menyingkirkan Pulau Sipadan Malaysia, kata Kepala Bidang Promosi Dinas Budaya dan Pariwisata NTT, Ubaldus Gogi di Kupang, Jumat (9/4).

Menurut dia, semua komponen masyarakat yang berada di wilayah NTT, Indonesia, bahkan dunia diharapkan terus melakukan promosi dan dukungan langsung terhadap Komodo agar masuk dalam tujuh keajaiban dunia.

Kita berharap seluruh masyarakat Indonesia termasuk warga negara asing yang memiliki kepedulian terhadap satwa ini di mana saja berada, ikut memilih Komodo agar masuk dalam tujuh keajaiban dengan memberikan suara lewat www.new7wonders.com, katanya.

Kita punya waktu sampai 2011 untuk memilih dan mendukung Komodo masuk tujuh keajaiban dunia. Karena itu jangan sia-siakan waktu dan kesempatan yang ada, untuk memilih dan mendukung satwa langka di dunia ini, imbuh Ubaldus.

Saat ini pemerintah Provinsi NTT sedang melakukan Gerakan Vote Komodo dengan mengimbau seluruh bupati/walikota lewat surat yang ditandatangani Gubernur NTT Frans Lebu Raya No BU 556/26/Budpar/2010 tanggal 7 April 2010 tentang Gerakan Vote Komodo.

Surat ini, katanya, merupakan tindaklanjut dari surat Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata RI No. UM.202/3/9/DDMS/DJP, tentang Permintaan dukungan kampanye terhadap Komodo sebagai salah satu finalis tujuh keajaiban dunia.

Dia mengatakan, gerakan ini penting dilakukan karena dari twenty-eight finalis yang ada saat ini bersaing dari aspek kategori yang ditetapkan. Komodo merupakan satu-satunya satwa dari kategori laut, gunung, hutan, danau, ggarai dan sungai.

Finalis yang bercirikan satwa hanya Komodo dari twenty-eight finalis, sehingga jika mendapat dukungan maksimal maka bukan tidak mungkin Komodo akan masuk sebagai salah satu dari tujuh keajaiban alam dunia tahun 2011, katanya.

Komodo, katanya, menjadi andalan Indonesia dalam ajang New7Wonders of Nature karena memiliki keunggulan di banding finalis lainnya, apalagi Komodo sebagai satu-satunya sisa dinosaurus di muka bumi. [surya]

Blog Berita Indonesia Terkini

0 komentar:

Posting Komentar

 
 
 
 
Copyright © HAUS BERITA
Using Xclear Theme | Bloggerized by Themescook