Truk tabrak 100 orang tewas di Nigeria

Minggu, 20 Desember 2009


Obaja - Sedikitnya 100 orang tewas akibat sebuah truk tiba-tiba menabrak kerumunan warga yang sedang berada di sebuah pasar di Nigeria.

Pemerintah setempat mengatakan, 55 orang tewas. Namun berdasarkan pantauan wartawan bbc di lokasi, tepatnya di negara bagian Kogi, sedikitnya 100 orang tewas.

Kepolisian negara bagian Kogi menyatakan, truk dengan kecepatan sangat tinggi menabrak kerumunan warga yang sedang bertransaksi di pasar. Awalnya truk tersebut menabrak beberapa mobil dan motor yang sedang parkir, kemudian menabrak pasar. Peristiwa ini juga menyebabkan terjadinya kebakaran di pasar tersebut. Sedikitnya 40 orang juga terluka dalam insiden tersebut.

"Saya mengkonfirmasi 55 orang tewas. Pengemudi truk kehilangan kontrol dan menabrak kerumunan orang," ujar pejabat kepolisian setempat seperti dilansir AFP, Senin (21/12/2009).

Kecelakaan seperti ini sering terjadi di Nigeria lantaran kondisi jalan raya di negeri berpenduduk mayoritas beragama Islam tersebut dalam kondisi buruk.

Kepala bagian keamanan di jalan raya negara bagian Kogi, Yomi Asaniyan mengatakan, penyebab kecelakaan ini adalah tidak berfungsinya rem secara maksimal.

Sementara Gubernur Kogi, Ibrahim Idris menyatakan dalam tiga hari ke depan dinyatakan sebagai hari berkabung. Hal ini ditujukan untuk mengungkapkan rasa bela sungkawa kepada para korban.

Saksi yang berada di lokasi saat peristiwa ini terjadi menyebutkan, beberapa pasar di daerah tersebut juga rawan terjadi peristiwa serupa.

Minggu lalu, lebih dari 20 orang terbakar hingga tewas saat bus yang mereka tumpangi tabrakan dengan sebuah truk di negara bagian Oyo, barat daya Nigeria.

0 komentar:

Posting Komentar

 
 
 
 
Copyright © HAUS BERITA
Using Xclear Theme | Bloggerized by Themescook